SEO Guide for Blog or Website

Sebagai seorang blogger, siapa sih yang nggak mau ada banyak pengunjung di blognya. Bukan karena ingin pamer, tapi memang sebuah kebutuhan dalam dunia blogging untuk membuat para netter menjadi tertarik pada blog yang kita buat.

Coba kita bayangkan apabila kita mempunyai blog, tetapi tidak ada yang mengunjungi blog kita. Kita pasti akan merasa percuma, sia sia, mubadzir dan bahkan ada yang menyerah dan tidak mau melakukan aktivitas blogging lagi.

SEO Guide for Blog or Website

Oleh karena blog juga memerlukan pengunjung, maka sebagai blogger kita pasti akan mengupayakan yang terbaik agar kita memiliki banyak teman yang mau mengunjungi dan bersilaturahmi di dunia blogging. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung blog kita, salah satunya adalah dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Apa itu SEO???? What is SEO???

Lha, ini yang mebuat saya bingung, sebenernya SEO itu apa ya? Nanti SEO itu dalam prakteknya kayak gimana? Kalau kita sudah melakukan SEO apa keuntungannya? Dan tentu saja masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin muncul pada pikiran kita tentang SEO.

Dalam dunia blogging, memang sudah banyak panduan dalam melakukan Search Engine Optimization. Meskipun saya hanya seorang newbie dalam dunia blogging. Tapi di sini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yang mungkin akan diperlukan oleh Anda. Di sini saya akan menguraikan beberapa cara SEo berdasarkan buku yang saya peroleh dari kakak saya.

Okelah kalo begitu (kayak lagunya Wartegboys), agar nggak panjang lebar, mongo dibaca bagi yang berkenan.

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu proses untuk mengubah blog/website kita agar dapat muncul dan mendapatkan peringkat terbaik dalam mesin pencari (seperti google, yahoo, dll) berdasarkan keyword tertentu.

Dengan definisi tersebut tentu saja akan ada beberapa cara atau metode yang kita perlukan untuk mendapatkan peringkat tertentu di dalam google. Secara umum metodenya terbagi menjadi 2 cara, yaitu On page optimization dan off page optimization.

Untuk on page optimizaton, cara yang biasa dilakukan adalah dengan mengatur konten pada blog atau website yang kita miliki agar search engine bisa menemukan keyword atau kata kunci yang kita inginkan. Beberapa bagian yang mungkin perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Page title (judul blog)
  2. Meta-description
  3. URL (alamat web)
  4. Heading Tag (judul konten)
  5. Body (konten web)
  6. alt+tag (gambar/foto)
  7. anchor text

Sedangkan untuk cara yang kedua yaitu off page optimization adalah cara yang sudah biasa kita lakukan sehari hari. Hal yang kita lakukan pada metode yang kedua ini adalah membangun link atau jaringan dengan website atau blog yang lain. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan blogwalking atau rajin mengunjungi blog atau web tetangga.

Blogwalking memang suatu cara yang mudah, namun dalam prakteknya, blogwalking mungkin akan sulit bagi Anda yang memiliki waktu terbatas dalam dunia blogging. Namun saya memiliki beberapa saran dalam melakukan blogwalking, yaitu :

  1. Pada waktu blogwalking Anda harus bisa memilih dengan baik blog yang akan Anda kunjungi, usahakan blog tersebut sudah memiliki pengunjung dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan harapan pengunjung di blog/web tersebut juga akan mengunjungi blog Anda ketika melihat nama ID Anda di kotak komentar.
  2. Pada waktu blogwalking, Anda juga harus memiliki etika yang baik, salah satunya adalah dengan benar benar membaca konten blog tersebut dan juga memberi komentar dengan bahasa yang lugas dan tidak menggunakan kata kata yang kurang baik.
  3. Dan yang terakhir, jangan lupa memberikan backlinks ke web/blog Anda pada komentar Anda. Apabila tidak diperbolehkan menaruh link URL Anda, maka ketiklah kata kata perkenalan kepada pemilik blog dan juga ajakan untuk mengunjungi blog/web Anda.

Mungkin itu saja beberapa info yang baru saja saya pelajari. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi Anda para pembaca dan para keluarga blogger di mana saja.
Oh iya, hampir lupa, informasi tersebut saya dapatkan dari buku “Mantra Uang dari WordPress Blog 2.0” yang merupakan hasil jerih payah om Aldian Prakoso dengan beberapa perubahan berdasarkan apa yang bisa saya pahami dari kata kata yang ada dalam buku tersebut.
Tetap semangat dalam menjalani aktivitas blogging
Siapa yang mau berusaha pasti akan mendapatkan hasilnya

Incoming search terms:

  • Oke Google definisi dari
  • Oke Google mendefinisikan