5 Cara Diet yang Baik dan Benar

Selamat beraktivitas para sahabat blogger,
Akhir akhir ini memang banyak orang mengalami kebingungan mengenai ukuran proporsional dari tubuh. Banyak orang merasa dirinya terlalu kurus, terlalu gemuk, kurang langsing, kurang ini dan kurang itu. Padahal sebenarnya sudah banyak dituliskan dalam media massa ataupun elektronik mengenai bagaimana tubuh yang ideal itu.
Pada beberapa literatur disebutkan bahwa tingkat obesitas itu ditentukan oleh Body Mass Index (BMI). Dimana pengukuran BMI didasarkan pada massa tubuh dibagi kuadrat dari tinggi badan. Jika nilai lebih dari 30, maka dapat disimpulkan bahwa tubuh mengalami obesitas.

5 Cara Diet yang Baik dan Benar

Kalau mendengar istilah obesitas, pastilah kita akan kaget bila obesitas itu terjadi pada diri kita. Selain karena rawan terhadap beberapa penyakit, kondidi obesitas juga akan menyulitkan gerakan kita, sehingga kita menjadi mudah capek dan mudah sekali timbul rasa penat hingga akhirnya membuat kita sering istirahat dan tiduran saja setiap harinya.

Untuk itulah, disini saya akan memberikan beberapa tips diet yang mudah dijalankan oleh Anda semua. Baik yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, pegawai kantor, atau profesi yang lainnya.

1. Menu Makan Harian

Pada kondisi diet, bukan berarti Anda harus mengurangi menu makanan mengandung karbohidrat atau lemak, tetapi Anda perlu mengaturnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bagi yang berprofesi sebagai seseorang yang ekstra berkegiatan atau lebih banyak aktif daripada duduk duduk saja, lebih baik mengkonsumsi karbohidrat dan lemak yang sedikit berlebih. Namun bagi Anda yang lebih banyak duduk saja, lebih baik Anda mengurangi porsi lemak dan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung protein.

2. Intensitas Makan

Seringkali kita mendengar bahwa diet itu harusnya makan sekali sehari. Namun bagi saya itu namanya bukan diet, itu namanya menyiksa diri, hehe. arena seperti kita ketahui, hidup memang butuh makan, namun bukan makan yang berlebihan, tetapi makan secukupnya saja.

Jadi apabila kita ingin merasakan diet, maka kita harus mencoba makan sebanyak 2-3 kali sehari, namun tentu saja porsinya harus disesuaikan, kalo bisa perbanyak lauk berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan telur. Serta mengurangi porsi karbohidrat dan lemak.

3. Bangun Pagi dan Olahraga Ringan

Bagi Anda yang memang ingin benar benar diet, upayakan untuk selalu bangun lebih pagi dari biasanya kemudian melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti senam, jogging, maupun hanya jalan kaki di sekitar areal rumah. Selain dengan tujuan membakar lemak jenuh di dalam tubuh, aktivitas tersebut juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan lebih bugar untuk aktivitas harian kita.

4. Upayakan Makan Malam Sebelum Jam 6 Petang

Ini mungkin salah satu opsi yang agak sulit, karena sebagian dari kita terkadang sudah biasa untuk makan malam di atas jam 6 petang. Berdasarkan ilmu biologi tentang asupan makanan, umumnya makanan dicerna dalam lambung memerlukan waktu 3-5 jam. Jadi apabila kita makan di atas jam 6 petang dan kemudian istirahat pada jam 9 malam, maka asupan makanan yang kita makan tadi akan disimpang di dalam jaringan lemak tubuh kita. Dan artinya perlu olahraga ekstra untuk membakar lemak tersebut.

5. Stop Nyemil

Ini juga salah satu pantangan bagi Anda yang ingin diet. Nyemil atau sering dinamakan sebagai makan makanan yang kurang mengenyangkan adalah salah satu aktivitas yang membuat tumpukan lemak di tubuh Anda. Jadi apabila Anda sudah terbiasa nyemil, silahkan Anda kurangi kebiasaan tersebut agar tumpukan kolesterol di tubuh Anda menjadi berkurang sehingga program diet Anda bisa sukses.

Itulah beberapa tips diet bagi Anda yang merasa ukuran tubuh Anda terlalu gemuk dan kurang proporsional. Semoga sukses dengan program dietnya…

Terima kasih dan semoga bermanfaat