7 Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Selamat beraktivitas para sahabat Noteboll sekalian,

Hari senin memang hari yang biasanya terasa cukup panjang. Belum berangkat kerja atau sekolah saja sudah banyak alasan untuk bermalas malasan di tempat kerja. Mata masih ngantuk lah, badan belum fit lah, kaki masih pegal pegal atau banyak lagi alasan yang lainnya. 
Tapi yang pasti hari ini harus pada semangat untuk bekerja. Karena besok kemungkinan kita akan bekerja dalam kondisi puasa. Jadi, mumpung hari ini masih belum puasa, mari menikmati hari ini dengan gembira karena besok pasti akan terasa lebih lemas lagi karena pastinya tubuh kita perlu beradaptasi di hari hari pertama puasa, hehe.
Di bawah ini, saya akan memberikan beberapa tips bagi Anda agar selalu sehat dan kuat serta bersemangat ketika berpuasa di bulan Ramadhan.
1. Jangan makan sahur dan berbuka terlalu banyak.
Ini adalah pantangan pertama. Menurut pengalaman saya, apabila saya makan sahur dan makan buka terlalu banyak. Maka tubuh kita akan menjadi lebih mudah lemas. Hal tersebut dikarenakan setelah makan terlalu banyak maka akan menyebabkan mata mengantuk. Akibatnya kita akan menjadi malas bekerja di pagi hari dan juga malas untuk melakukan aktivitas ibadah yang lainnya.
2. Jangan makan makanan yang terlalu pedas dan asam.
Ini nih pantangan yang kedua. Jika kita terlalu banyak makan pedas dan asam. Maka kondisi lambung yang kosong selama 12 jam lebih akan menjadi semakin asam ketika kita makan makanan yag pedas dan asam. Akibatnya kita akan merasakan nyeri lambung yang cukup menyakitkan serta bisa juga mengakibatkan diare yang justru akan membuat kita lemas karena dehidrasi. Oleh karena itu, biasakan makan antasida (obat maag) sebelum makan, hal ini terutama pada Anda yang menderita sakit maag akut.
3. Perbanyak makanan dalam bentuk protein
Ketika kita berbuka puasa atau makan sahur, sebaiknya kita lebih banyak memakan makanan yang mengendung protein. Salah satunya adalah menu 3T alias Tahu Tempe Telur. Karena protein merupakan makanan dengan kandungan energi yang paling tinggi bila dibandingkan dengan karbohidrat. Oleh karena itu, jika biasanya anda makan 2 piring nasi plus 2 buah tempe goreng berukuran kecil. Maka besok anda bisa mencoba mengubah porsi tersebut menjadi 1 piring nasi plus 1 piring tempe goreng. Saya yakin anda akan merasa memiliki banyak energi selama berpuasa di siang hari.
4. Kurangi minum minuman dingin (es)
Jika anda berpuasa, akan lebih baik jika anda tidak meminum minuman yang dingin, baik itu pada waktu sahur ataupun pada waktu berbuka puasa. Minuman yang saya anjurkan adalah minuman yang hangat, karena dengan minuman yang hangat justru akan membuat anda lebih tahan terhadap haus bila dibandingkan dengan ketika anda meminum minuman yang dingin. Sehingga anda akan lebih segar dalam beraktivitas dan tidak mudah dehidrasi.
5. Minum suplemen makanan atau vitamin
Bagi anda yang merasa selalu kurang fit ketika berpuasa. Anda juga bisa menambahkan beberapa suplemen makanan dalam bentuk vitamin ke dalam menu sahur anda. Jadi setelah makan sahur, sempatkanlah sejenak untuk meminum multivitamin. Tujuannya jelas, yakni menambahkan cadangan vitamin untuk tubuh anda.
6. Biasakan menggunakan madu ketika berbuka dan sahur
Kandungan nutrisi pada madu memang sederhana, tapi manfaatnya sangat banyak. Madu bisa menjadi obat bagi anda yang merasa mudah lelah dan mudah capek. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung antioksidan dan juga karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi tambahan serta mengoptimalkan kondisi saluran pencernaan anda ketika puasa atau ketika saluran pencernaan dalam kondisi kosong. 
7. Jangan mudah mengeluh
Ini nih tips yang terakhir. Ketika puasa, kita tidak boleh gampang mengeluh. Karena puasa memang melatih kesabaran serta ketabahan kita. Meskipun banyak cobaan serta aktivitas, kita harus tetap bersemangat dan juga ceria, karena semangat berpuasa tidak bisa ditumbuhkan oleh orang lain, melainkan kita sendiri yang bisa menumbuhkannya.
Demikian beberapa tips sehat selama kita menjalankan puasa. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat bagi anda dan juga keluarga.