Cara Bersedekah Ala Blogger

Selamat beraktivitas para sahabat sekalian,

Pada hari ini saya bener bener bingung mau nulis apa. Mau sharing tentang sesuatu, tapi bingung mau sharing apa. Mau ngasih tips atau trik juga hari ini nggak nemu tips atau trik yang baru. Mau ngadain giveaway juga masih diplanningkan matang matang biar nggak mengecewakan peserta, hehe.

Trus kamu mau apa heh??? Kok posting posting nggak jelas gini???

Sabar sabar, jangan ngomel ngomel dulu. Ini kan masih puasa, nanti kalo marah puasanya berkurang pahalanya, hehe.

Karena nggak ada sesuatu yang mau diceritakan, disini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana  Cara Bersedekah Ala Blogger versi saya. Jadi ini versi yang menurut saya, bila sahabat blogger sekalian memiliki cara cara yang lain, nanti silahkan ditambahkan di kolom komentar ya.
Bersedekah ala blogger
Bersedekah ala blogger

Tidak usah berlama lama, nanti keburu adzan maghrib, ini nih Cara Bersedekah Ala Blogger. Cekidot…

1. Mengadakan Giveaway, kuis, kontes dan Lomba

Siapa bilang blogger yang sering mengadakan giveaway, kuis atau lomba tambah miskin??? Malah yang ada yang sering ngadain giveaway atau semacamnya tambah terus tuh rejekinya. Kalo nggak percaya bisa dilihat tuh buktinya, salah satu blogger senior negeri ini semakin jaya aja dengan kontes kontesnya.

Namun jika anda merasa setelah mengadakan kontes merasa tambah miskin berarti ada satu hal yang perlu dikoreksi, ikhlas atau nggak ngadain giveaway, kuis, atau lombanya, itu saja hehehe.

Menurut saya, cara ini adalah sedekah yang cukup populer di kalangan para blogger. Dan efeknya tidak main main, selain nambah visitor ke blog kita, tentu saja sedekah dengan cara ini juga akan menambah rejeki yang kita terima. Kalau anda tidak percaya, silahkan anda mencoba mengadakan giveaway, saya yakin ladang mencari rejeki anda pasti akan semakin lancar dan semakin meningkat.

2. Melakukan Blogwalking Rutin dan Memberikan Komentar yang Baik di Blog

Ini cara bersedekah yang lebih simpel dan lebih mudah. Blogwalking alias jalan jalan dari blog satu ke blog yang lain juga merupakan salah satu sedekah yang tidak nampak atau dalam bahasa jawa sedekah yang gak terasa bersedekah.

Mengapa demikian, karena dengan blogwalking serta memberi komentar di blog yang kita kunjungi secara tidak langsung kita bisa membuat pemilik blog itu bahagia karena 2 hal. Yang pertama adalah karena orang yang mengunjungi itu akan meningkatkan visitor kita. Dan yang kedua dengan adanya komentar di blog itu memberitahukan bahwa anda memberikan sedikit apresiasi terhadap apa yang dipostingkan oleh sang pemilik blog.

Bagi kita yang blognya sudah ramai pengunjung pasti akan menganggap hal ini biasa biasa saja. Namun bagi para pemilik blog baru atau blog yang sepi pengunjung, hal ini akan memberikan rasa tersendiri. Bisa jadi karena komen kita si pemilik blog menjadi semakin rajin blogging dan rajin update ya.tulisannya setelah melihat komentar kita.

Nah dengan begitu, blogwalking dan komentar kita bisa menjadi sedekah, karena bisa membahagiakan blogger lain dan lebih bisa menyemangati blogger yang lain untuk mengembangkan blog

3. Memberikan Backlink untuk Blog

Ini sedekah yang ketiga, yaitu memberikan backlink atau link balik untuk blog lain. Caranya ini cukup mudah, cara yang pertama bisa kita lakukan dengan menuliskan link blog orang lain di blogroll yang sudah kita buat. Atau yang kedua dengan cara tukeran link banner. Dan cara yang ketiga dengan menyisipkan link blog lain pada artikel yang kita buat ketika artikel tersebut berhubungan dengan tema blog sahabat tersebut.

Contohnya begini, ketika saya membuat blog tentang potret memotret, saya teringat dengan blog salah satu sahabat di webe a.k.a Bung Yayat Sudrajat. Kemudian di bagian akhir postingan saya saya menuliskan kalimat seperti ini. “Bagi yang ingin memperdalam ilmu tentang pemotretan, silahkan belajar di arkasala.net”.

Begitulah cara bersedekah dengan cara memberikan blacklink untuk blog sahabat blogger yang lain. Bagi anda yang belum baham backlink itu untuk apa, backlink digunakan untuk mengetahui seberapa berkualitasnya blog/web anda di mata blog/web lain. Semakin banyak anda mendapatkan backlink, berarti web anda semakin berkualitas dimata google atau web lain.

Dan efeknya dengan predikat web yang dipercya tersebut, tentu saja sang pemilik blog akan lebih bersemangat dalam ngeblog karena blognya sudah dianggap keberadaannya oleh blogger lain. Dan akhirnya pemilik blog akan rajin mengembangkan blognya tersebut.

4. Memberikan Hadiah Tanpa Alasan Tertentu

Kalo yang ini bersedekah ala blogger yang super keren. Tanpa alasan yang jelas memberikan hadiah untuk blogger lain. Seperti saya yang pernah mendapat hadiah yang tak terduga. Pastinya yang mendapat hadiah akan seneng banget, girang girang gimana gitu. 
Tapi jangan sampai anda kaget, ada juga lho kisah yang begini. Ternyata setelah ditelusuri kadang kadang si pemberi hadiah demen sama yang dikasih hadiah alias ada udang di balik peyek udang, hehehe (Just kidding, hehehe).

Begitulah beberapa Cara Bersedekah Ala Blogger versi saya. Dan pastimya masih banyak lagi versi versi lainnya. Bagi yang memiliki versi yang lain, monggo dan silahkan menambahkannya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga Catatan si Boll ini bisa memberikan manfaat bagi sahabat sekalian.