Cara Mengobati Sariawan Secara Tradisional

Cara Mengobati Sariawan Secara Tradisional – Sariawan merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh defisiensi vitamin C. Atau dalam bahasa sederhananya, sariawan dikarenakan jumlah vitamin C dalam tubuh kurang dari normal. Sehingga metabolisme dan perbaikan jaringan kurang terlaksana dengan baik dan mengakibatkan salah satu penyakit yang dinamakan sariawan.
Berdasarkan ilmu yang saya peroleh selama kuliah. Sariawan tergolong penyakit yang gampang gampang susah untuk diobati. Karena meskipun kita sudah menambah asupan vitamin C kita, belum tentu sariawan itu akan segera berakhir. Hal itu kemungkinan disebabkan karena rongga mulut mengandung banyak sekali bakteri dan kuman. Jadi karena keberadaan dua sejoli itu (bakteri dan kuman), maka sariawan jadi sukar sembuh.

Saat ini, sudah muncul obat sariawan dalam berbagai merk dan sediaan. Ada yang merupakan sediaan serbuk untuk minuman, contohnya Segar Dingin, Jesscool, Adem Sari, Alangsari, dll. Dan ada pula yang berbentuk obat kumur, contohnya Albothyl. Untuk penggunaannya, saya yakin sebagian dari Anda sudah mengetahuinya.

Selain cara pengobatan yang cukup modern, saya juga pernah belajar ilmu mengenai obat tradisional. Berikut merupakan beberapa Cara Mengobati Sariawan Secara Tradisional :
1. Menggunakan Air Garam
Caranya cukup mudah, siapkan segelas air matang (220 cc). Tambahkan satu sendok garam. Aduk hingga merata. Kemudian kumur menggunakan air garam tersebut. Pengobatan dilakukan minimal 3x sehari.
Efek : Rasanya cukup perih, tidak cocok untuk anak anak.
2. Menggunakan Madu
Caranya dengan mengoleskan madu asli tepat di lokasi yang terkena sariawan. Pengobatan dilakukan minimal 3x sehari. Untuk cara ini cocok untuk anak anak.
3. Menggunakan Kemiri
Caranya dengan membakar kemiri, kemudian kemiri tersebut ditempelkan ke lokasi sariawan. Efeknya cukup perih, tapi lebih cepat selesai sariawannya.
4. Menggunakan Biji Jarak
Caranya sama dengan poin ke-3, efeknya pun sama, perih namun sariawan cepat selesai.
Demikianlah beberapa Cara Mengobati Sariawan Secara Tradisional yang saya dapatkan dari informasi Penduduk Suku Tengger Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Informasi tersebut sudah saya bukukan sebagai Skripsi saya dan sudah terdapat bukti secara nyata dan empiris bahwa pengobatan sariawan dengan cara tersebut merupakan cara tradisional yang relevan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat