Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2013

Sebentar lagi akan segera diumumkan berita mengenai Tes Seleksi CPNS tahun 2013. Kalau saya tidak salah baca, pengumuman tersebut akan terbit di awal bulan September yang merupakan bulan keceriaan. Jadi bagi para sahabat yang berminat bisa segera menyiapkan diri dan menyiapkan berkas berkas yang diperlukan mulai dari sekarang.
Menjadi seorang PNS memang merupakan pekerjaan yang dari dulu saya dambakan. Bukan karena jadi PNS nantinya bisa korupsi, namun ketika saya menjadi PNS saya bisa membaktikan diri saya untuk bangsa dan rakyat negeri ini. Sebuah cita cita sepele namun tidak mudah untuk mewujudkannya. Tapi meskipun begitu hal tersebut masih terpatri dalamdiri saya dan pastinya saya akan berusaha untuk mewujudkannya.
Sebagai seorang lulusan sarjana di bidang kesehatan. Tentunya hanya ada 2 bagian yang bisa saya masuki karena linier dengan jenjang pendidikan yang saya tempuh. 2 bagian yang bisa saya ikuti adalah di Kementrian Kesehatan RI (KEMENKES RI) dan juga Departemen Kesehatan RI (Depkes RI). Dua bagian tersebut merupakan departemen dan kementrian yang cukup populer, jadi saya harus bersiap siap untuk bersaing dengan calon calon yang lainnya.
Dalam Tes CPNS kali ini, tentunya para calon harus benar benar menyiapkan diri. Karena tes CPNS kali ini sudah menggunakan tes yang komputerisasi dan disemmpurnakan dari tes di tahun 2012. Untuk itu diperlukan persiapan serta strategi yang matang untuk menjemput impian kita untuk menjadi seorang PNS.
Oke, seblum berperang secara intelektual dengan calon lainnya, tentunya kita harus memiliki amunisi dan persenjataan yang hebat. Untuk itu, disini saya akan sharing kepada para sahabat sekalian mengenai strategi dan amunisi yang saya persiapkan untuk perang tersebut.
Pertama, hal yang harus diperhatikan pertama kali tentu saja persiapan fisik dan juga persiapan mental. Persiapan fisik meliputi persiapan kondisi tubuh, persiapan berkas berkas serta lampiran apa yang diperlukan. Sedangkan persiapan mental meliputi penataan niat dan juga pemfokusan dan pemantapan diri bahwa kita benar benar ingin berkarir sebagai PNS di bagian yang kita pilih.
Kedua, selain persiapan di atas. Perlu disiapkan juga mengenai kualitas intelektual dan pengetahuan kita. Meskipun banyak orang berkata bahwa orang bejo dan beruntunglah yang bisa lolos tes CPNS, tapi anda tetap harus meningkatkan kualitas anda. Jangan hanya bersantai untuk menghadapi tes tersebut. Anda juga harus belajar dan mencari informasi mengenai bagaimana soal soal tes CPNS pada tahun sebelumnya. Sehingga dengan ini anda bisa mengumpulkan trik trik menurut diri anda serta menemukan pola soal soal dalam tes CPNS.
Nah, untuk yang ketiga, tentu saja anda harus memohon doa dan restu kepada sang Ilahi Rabbi dan juga kepada orang tua ataupun keluarga anda. Jangan sungkan untuk memohon doa kepada orang tua dan keluarga anda. Karena saya yakin doa tersebut pastinya akan sangat membantu anda dalam proses tes CPNS yang anda lalui, tapi hal ini tetap harus diselaraskan dengan usaha dan persiapan yang anda lakukan.
Dengan ketiga senjata dan amunisi tersebut, saya yakin proses yang kita jalani akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang anda harapkan. Namun kita tidak boleh terlalu optimis dalam menghadapi tes cpns tersebut. Kita harus tetap berjuang dengan keras dan maksimal jika kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik.
Begitulah sedikit curhat dan dongeng dari saya, hehe. Semoga bagi kita semua yang mengikuti Tes Seleksi CPNS 2013 bisa lolos dan ditempatkan sesuai dengan yang kita harapkan.
Catatan :
Di bawah ini beberapa informasi yang perlu anda himpun tentang tes CPNS 2013
1. Kementrian dan Departemen yang mengadakan tes CPNS
2. Persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mendaftar tes CPNS
3. Contoh Soal CPNS