Tips Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja

Menjadi seorang karyawan kantor memang gampang gampang susah. Kerjaannya kadang berat kadang ringan. Gajiannya udah pasti sebulan sekali. Sekali nggak masuk langsung kena potongan. Dan banyak lagi kendala lainnya, terutama masalah hubungan antar karyawan dan juga antara karyawan dengan bos.
Selama saya bekerja kurang lebih 5 bulan, saya merasa bahwa saya mulai merasakan kejenuhan di tempat kerja saya. Baik itu karena memang kerjaannya monoton dan itu itu saja, serta karena sudah banyak karyawan yang mengundurkan diri dan telah berpindah lokasi kerja ke tempat lain. 
Tips Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja
Malas Bekerja

Memang banyak alasan yang akan kita dapatkan ketika kita sudah merasa jenuh dengan pekerjaan kita. Masalah gaji, rekan kerja, kondisi pekerjaan, dan lain sebagainya pun akan terus kita jadikan kambing hitam karena rasa jenuh kita.

Oleh karena itu, disini saya akan mencoba memberikan tips tips hasil searching saya di dunia maya dan juga yang menurut saya cukup bisa untuk dijalankan. 4 Tips agar tetap semangat dalam bekerja adalah sebagai berikut:
1. Anggaplah Pekerjaan Sebagai Ibadah
Satu hal yang paling utama agar tidak jenuh dan tetap bisa untuk mencintai pekerjaan adalah menganggap pekerjaan itu sebagai ibadah. Karena dengan menganggap sebagai ibadah, kita akan selalu ikhlas menjalaninya. Selain itu kita juga akan selalu tekun dan giat dalam melaksanakan semua pekerjaan. Meskipun ada kejenuhan, kita akan tetap memiliki semangat untuk berkerja, karena pekerjaan itu bukan hanya rutinitas yang harus dilakukan, melainkan pekerjaan tersebut adalah ibadah.
2. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja
Memiliki rekan kerja yang cocok dengan kita tentu akan sangat susah sekali. Terlebih lagi jika kita bukanlah seseorang yang supel dan mudah bergaul dengan siapa saja. Oleh karena itu, dalam pekerjaan kita harus selalu menjalin hubungan baik dengan semua rekan kerja. Tujuannya sederhana, yakni agar ketika kita jenuh, ada rekan yang mengingatkan atau mengajak ngobrol serta bercanda agar kita bisa refresh lagi dan segar kembali untuk menjalani pekerjaan kita.
3. Jangan Hanya Berdiam Diri Di Tempat Kerja
Meskipun Anda memiliki banyak pekerjaan di meja dan ruangan Anda. Tetap saja Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk berdiri dari kursi Anda dan kemudian berjalan menuju ruangan lain atau sekedar menemui rekan kerja kita untuk membicarakan hal lain di luar pekerjaan. Hal ini sangat diperlukan agar kita tidak terlalu jenuh dengan pekerjaan kita hingga akhirnya kita justru malas untuk melakukan rutinitas pekerjaan kita.
4. Manfaatkan Waktu Istirahat dan Libur Kerja untuk Refreshing Sejenak
Ini adalah tips yang paling saya gemari. Yakni melakukan refreshing ketika istirahat atau libur kerja. Ketika istirahat kerja, Anda jangan hanya diam dan makan siang saja. Anda juga bisa ijin keluar kantor sejenak atau sekedar menuju kantin kantor untuk melakukan refreshing. Selain itu, ketika libur kerja, jangan hanya digunakan untuk bermalas-malasan dan tiduran saja di rumah. Gunakan waktu tersebut sebaik-baiknya untuk refreshing ataupun sekedar jalan jalan keliling kota ataupun menuju suatu desa yang masih hijau dan segar. Gunakan hari libur sebaik-baiknya untuk melupakan sejenak rutinitas pekerjaan Anda yang terkadang membosankan.
Demikianlah beberapa tips agar kita tetap bisa bersemangat dalam bekerja. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
NB :
Tulisan ini merupakan tulisan pribadi yang bersuber dari rasa jenuh dan rasa malas yang saya rasakan setelah libur hari raya yang cukup lama, hehe.