Tips dan Panduan Dalam Interview Pekerjaan

Pekerjaan adalah sebuah pelengkap dalam kehidupan. Tanpa pekerjaan saya rasa hidup kita pasti ada yang kurang. Baik kurang secara immateri maupun kurang secara materi. Jadi alangkah bahagianya seseorang yang mempunyai sebuah pekerjaan, baik itu pedagang, karyawan, petani, nelayan, dan lain sebagainya.
Di dalam mencari suatu pekerjaan secara formal di sebuah kantor ataupun perusahaan. Terkadang terdapat salah satu sesi yang dinamakan dengan sesi interview. Sesi tersebut merupakan sesi tanya jawab antara pelamar pekerjaan dengan perwakilan perusahaan atau bahkan dengan pemilik perusahaan secara langsung.
Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dan sedang mempersiapkan untuk interview. Di bawah ini adalah Tips dan Panduan Dalam Interview Pekerjaan yang digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai siapakah pelamar kerja yang sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.
1. Capability atau Kapabilitas
Kapabilitas yang dimaksud meliputi kemampuan nalar, kecerdasan, dan juga cara berpikir yang sistematis. Hal ini bisa dilihat dari nilai nilai di ijazah dan juga tes kemampuan akademis. Contohnya adalah jika perusahaan ingin merekrut seorang tenaga adinistrasi yang pintar dan cerdas, maka hal tersebut bisa dilihat dari nilai ijazahnya serta nilai kemampuan akademis dari pertanyaan yang diberikan oleh perwakilan perusahaan.
2. Capasity atau Kapasitas

Yang dimaksud dengan kapasitas adalah kemampuan pelamar kerja dalam menyelesaikan suatu permasalahan (problem solving), menghadapi beban kerja yang cukup tinggi, serta kemampuan untuk membuat prioritas dalam pekerjaan. Dalam hal ini kapasitas ditunjukkan dengan pengalaman pelamar kerja dalam berorganisasi.
Ketika interview kerja, biasanya menggunakan pertanyaan “Apakah Anda pernah ikut dalam organisasi?”. Dan apabila menjawab iya, maka akan segera ada pertanyaan lanjutan “Apakah Anda pernah menghadapi sutau permasalahan dalam organisasi tersebut, jika pernah tolong jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan tersebut?”. Jadi semakin jelas dan logis jawaban kita, maka kapasitas kita juga akan semakin tinggi.
3. Charakter atau Watak

Selain kapabilitas dan juga kapasitas, dalam interview kerja juga akan dilihat watak serta karakter Anda. Hal tersebut meliputi sikap Anda, sopan santun Anda, serta keadaan Anda ketika sedang dilangsungkan interview. Jadi ketika interview, Anda juga harus mengedepankan etika dan sopan santun, baik dalam hal berpakaian, maupun dalam hal berbicara saat menjawab pertanyaan ketika interview.
4. Credibility atau Kredibilitas

Kredibilitas adalah suatu sikap bahwa Anda bisa dipercaya untuk mengerjakan tugas yang nanti akan Anda kerjakan di perusahaan tersebut. Hal ini memang ditunjukkan dengan seberapa pengalaman pekerjaan Anda. Namun jika Anda belum memiliki pengalaman satupun, maka hal ini bisa dilihat dari teori teori yang Anda ketahui tentang pekerjaan tersebut.
5. Creativity atau Kreativitas

Yang dimaksud kreatif dalam bekerja adalah Anda memiliki kemampuan khusus untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara cara lain yang lebih efisien serta lebih efektif. Jadi dalam melaksanakan pekerjaan, Anda memang harus sesuai dengan SOP yang ada, namun kadangkala dalam hal hal tertentu dan mendesak, Anda harus bisa melakukan hal hal kreatif namun tetap sesuai dengan aturan di perusahaan.
6. Compatibility atau Kompatibel

Dalam pekerjaan, tidak mungkin Anda akan bekerja sendiri. Pastinya Anda akan bekerja dengan banyak orang dan mau tidak mau Anda harus bekerjasama dengan semua orang di pekerjaan Anda. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang yang egois dan sulit bekerjasama dalam tim, Anda harus merubah sikap Anda tersebut jika Anda ingin bekerja dalam suatu perusahaan.

7. Comitment atau Komitmen

Selain 6 kemampuan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah adanya komitmen dari Anda. Komitmen bisa diartikan bahwa Anda benar benar ingin mengabdi pada perusahaan dengan cara bisa mengemban tugas dengan baik dan memiliki keinginan untuk bersama sama membangun dan memajukan perusahaan.
Demikianlah Tips dan Panduan Dalam Interview Pekerjaan. Jadi jika Anda ingin melaksanakan interview pekerjaan, maka persiapkanlah diri Anda, karena dari interview itulah ketujuh poin di atas akan dinilai tentang kelayakan Anda untuk bekerja di perusahaan atau kantor tempat Anda interview kerja.