Dominan

Dominan merupakan salah satu karakter dari manusia. Karena dengan karakter tersebut, manusia ingin selalu menguasai, ingin menjadi yang terbaik, dan juga ingin menjadi orang yang lebih dipandang oleh manusia lainnya.
Dengan keberadaan sifat dominan, maka seseorang akan menjadi lebih percaya diri dalam mengeksplor kemampuannya. Hal itu tentu saja untuk mencapai apa yang diharapkannya dalam waktu yang ia targetkan.
Dominansi tidak selalu berjalan mulus, karena untuk menjadi dominan tentu saja diperlukan trik dan juga usaha untuk mendapatkan apresiasi dan juga perhatian dari orang lain. Jadi dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa dominansi hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang saja yang memang sudah memiliki keahlian untuk menarik perhatian manusia lain.
Dominan memang terkadang memberikan suatu hal yang tidak baik. Misalnya dalam suatu tim ada satu orang yang dominan dan kemudian semua pekerjaan dilakukan oleh orang itu, maka yang lain tentu saja tidak akan bisa ikut belajar. Lain halnya jika dia sedikit mengendurkan dominansinya dan kemudian mengajari anggota tim lainnya agar bisa saling membantu. Maka dominansi tersebut akan berubah menjadi persatuan dan juga kebersamaan.
Jadi, pada intinya dominan memang merupakan sifat unik manusia. Karena manusia dilahirkan dengan tangan menggenggam, jadi apapun yang ada di dunia pasti ingin dimiliki oleh manusia. Namun, sebgai manusia harus bisa mengontrol dominansinya, agar orang orang yang di sekelilingnya juga bisa memunculkan sifat dominannya dan mengembangkan karakter dan juga kemampuannya.
Pasuruan, 11 September 2013