Cara Meningkatkan Semangat Dan Gairah Menulis

Saya memang bukan penulis terkenal dan belum pernah mempublish sebuah hasil karya tulis. Saya juga bukan seorang blogger yang keren dengan konten isi di dalam blog saya. Saya hanya seorang yang morat marit dalam hidup namun bisa membuat kemorat-maritan itu menjadi hikmah bagi saya.
Disini saya akan berbagi sedikit tulisan, tulisan singkat mengenai bagaimana cara meningkatkan semangat dan gairah menulis. Saya yakin, sebagai blogger ataupun penulis, di suatu saat anda memerlukan suntikan semangat agar anda bisa menemukan kembali semangat anda untuk menuliskan sesuatu, baik itu di dalam blog maupun dalam bentuk tulisan yang lainnya.
Berdasarkan pengalaman saya pribadi, cara meningkatkan semangat dan gairah menulis adalah dengan cara sebagai berikut :
1. Memahami kondisi diri Anda
Jika Anda capek dan butuh istirahat, maka anda harus rehat sejenak.
Jika Anda suntuk dan butuh refreshing, maka luangkanlah sedikit waktu untuk refreshing.
Jika Anda bingung untuk menentukan tema tulisan, maka keluar kamar dan berjalan di sekitar, maka anda akan mendapatkan inspirasi untuk tulisan anda.
Namun jika anda benar benar tidak bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis, maka tulislah sedikit yang anda tahu, maka otak dan pikiran anda akan melanjutkan tulisan tersebut.
Jika Anda sama sekali tidak ingin menulis, maka janganlah menulis. Tunggu esok hari, mungkin anda sudah mood untuk menulis kembali.
Kenalilah diri anda terlebih dahulu sebelum menulis. Karena dengan mengenal diri anda sendiri, saya yakin anda bisa nyaman ketika menulis. Bahkan anda juga bisa sangat enjoy dalam menuliskan sesuatu.
2. Bertemanlah dengan para penulis
Jika kondisi internal diri sendiri memang tidak cocok dan kurang bagus untuk menulis. Namun anda masih memiliki hasrat dan niat yang tinggi untuk menulis, maka saran saya adalah bertemanlah dengan para penulis/blogger atau seseorang yang suka menulis.
Dengan berteman dengan para penulis, saya yakin sedikit demi sedikit hobi dan keasyikan dalam menulis akan tertular kepada Anda. Dan di kala anda sedang tidak mood menulis, pastinya akan ada saja yang menyemangati anda untuk menulis. 
Jadi barang siapa yang saat ini masih sering diingatkan oleh teman anda yang berhobi menulis, maka beruntunglah anda. Karena saat ini makin susah berharap support dari orang lain agar kita bisa bersemangat lagi dalam menulis.
3. Mulailah dari ide sederhana
Menulis itu memang tidak mudah. Dan menulis itu memang tidak melulu dimulai dari hal yang tidak mudah.
Jika anda bingung dengan kalimat tersebut, maka anda harus berpegangan ke tiang terlebih dahulu, hehe…
Menulis itu dimulai dari ide yang sederhana, makanan, minuman, tempat liburan, orang tua, anak, hobi, dan lain sebagainya. Anda bisa bercerita apa saja dengan ide yang sederhana itu karena saya yakin anda sudah paham benar dengan hal tersebut.
Ikutilah ide sederhana yang ada di pikiran anda dan jadikanlah ide itu menjadi tulisan. 200 kata 300 kata dan seterusnya akan bisa menjadi 1 buku atau bahkan lebih. Saya rasa itu yang akan berlaku jika kita merasa sangat enjoy dalam menulis.
Demikianlah beberapa  cara meningkatkan semangat dan gairah menulis. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.