Cara Riset Keyword yang Mudah dan Benar

Cara Riset Keyword yang Mudah dan Benar – Setelah kemarin membahas Cara Membuat Artikel Tembus Halaman Pertama / Page One Google. Sekarang saya akan kembali membahas salah satu cara riset keyword yang mudah dan benar. Cara riset keyword ini saya peroleh dari salah satu ebook SEO karangan salah satu internet marketer di Indonesia.

Dalam SEO, memang banyak hal yang perlu dilakukan, dan faktor yang utama adalah riset keyword. Mengapa riset keyword? Alasannya jelas, yakni karena riset keyword diperuntukkan bagi anda yang ingin menguasai halaman utama google dengan niche blog anda.

Misalkan seperti ini, jika blog anda adalah blog yang berhubungan dengan fotografi. Tentunya anda akan membuat beberapa artikel dengan keyword atau kata kunci sebagai berikut :

  1. Cara memilih kamera yang bagus
  2. Cara hunting foto yang baik dan benar
  3. Cara mengedit foto dengan photoshop
  4. Cara memilih angle foto yang baik
  5. Kekurangan dan kelebihan camera Canon seri xxx
  6. dan lain sebagainya
Jika anda hanya membuat artikel tanpa meriset kata kunci atau keywordnya. Tentunya anda akan sedikit susah bersaing di halaman utama google. Karena mungkin yang menduduki halaman utama google adalah situs situs yang keren dan juga sudah terkenal. Sedangkan situs anda ini masih baru dan bleum berumur setengah tahun. Jadi kemungkinan untuk merebut halaman utama google akan menjadi semakin susah.
Oleh karena itu, disini saya ingin share ilmu yang saya baca dari salah satu ebook mengenai cara riset keyword yang mudah dan benar. Ini sudah saya edit dengan bahasa sendiri, tentunya dengan tujuan agar cara riset keyword ini bisa mudah anda pahami.

Cara riset keyword yang mudah dan benar adalah sebagai berikut :

1. Ketika anda mengetik keyword atau kata kunci anda di halaman google search, dan disana ada situs wikipedia, situs amazon, situs dengan pagerank 6, dan situs dengan sitelink. Maka berarti peluang anda kecil untuk merebut halaman utama tersebut. jadi jangan ambil keyword atau kata kunci tersebut.
Bagi yang belum tahu situs dengan sitelink, begini salah satu contohnya :
cara riset keyword - situs dengan sitelink
Facebook – salah satu situs yang punya sitelink
2. Cara kedua ini memerlukan salah satu software, namanya software SerpAttacks, software buatan anak negeri yang sangat keren dan dijalankan dalam kondisi terhubung dengan internet. Bagi yang belum ada, bisa mengunduh sendiri pada website SerpAttacks (bisa dicari di google).
Pada waktu instal ada keterangan registrasi, isi nama dan email anda kemudian verifikasi di email. Kemudian klik register.
Setelah menginstal software ini, anda bisa melakukan riset kw, dengan mengetikkan keyword setelah itu klik search. Penampakannya seperti pada gambar di bawah ini :
cara riset keyword - serpattacks
riset keyword – cara memilih kamera yang bagus
Jika dalam kw yang anda ketik tersebut, terdapat minimal 2 situs dengan backlink kurang dari 50. Maka keyword tersebut bisa anda gunakan. Seperti contoh di atas, menggunakan keyword “cara memilih kamera yang bagus” ada 6 situs dengan backlink kurang dari 50, berarti keyword tersebut boleh kita ambil untuk keyword artikel kita.
3. Syarat cara riset keyword yang ketiga adalah, ketika kita mengetikkan keyword di google, maka top 3 situs (3 situs teratas) harus memiliki nilai pagerank kurang dari 3. Kemudian top 10 situs (10 situs teratas) harus memiliki rata rata nilai pagerank yang kurang dari 3.
Cara mengetahui jumlah pr situs adalah dengan memanfaatkan add ons QuickSEO pada Google Chrome atau memanfaatkan SEOQuake pada mozilla firefox. Nilai pagerank situs akan diketahui ketika kita membuka situs tersebut.
Demikian serangkaian Cara Riset Keyword yang Mudah dan Benar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Saya ucapkan terima kasih juga kepada Agan Khalid sang pemilik ebook yang sangat bermanfaat bagi saya.