Jangan Belajar Saja – Tambahi Dengan Action

Saat ini memang semakin banyak orang yang sukanya belajar dan terus belajar. Belajar ilmu A, belajar ilmu B sampai Z dan akhirnya sama sekali tidak ada yang nyantol alias sia sia. Sudah rugi waktu, tenaga, dan tentunya rugi usia.
Oleh karena itu, saya menyarankan agar kita segera melakukan action setelah kita selesai belajar. Biar ilmu yang kita pelajari tidak sia sia dan ilmu yang kita pelajari bisa segera nyantol di pikiran kita. Karena belajar tanpa action pastinya akan lebih cepat terlupakan termakan waktu.
Misalnya hari ini si A belajar mengenai cara mengedit template blog, kalo bisa ya sekalian dipraktekkan. Dengan praktek tentunya cara mengedit template blog bisa dipelajari dengan mudah. Bagaimana cara ganti background, bagaimana cara ganti font dan lain sebagainya. Tentunya dengan praktek langsung akan memudahkan bagi kita untuk mengingat apa yang sudah kita pelajari.
Namun dalam belajar, ada 3 kunci yang biasanya saya lakukan sehari hari :
1. Tulislah apa yang ingin kamu pelajari
2. Praktekkan apa yang sudah kamu tulis untuk dipelajari
3. Tulis deskripsi hasil dari apa yang sudah kamu praktekkan tersebut, apakah memuaskan, ataukah banyak masalah
Dengan tiga kunci tersebut, tentunya kita akan bisa menganalisa bagaimana praktek kita, apakah sudah sesuai dengan yang dituliskan apa belum, apakah ada yang terlewat untuk dipraktekkan, dan lain lain.
Jadi intinya, jangan belajar saja – tambahi dengan action
Terima kasih dan semoga bermanfaat.