Siswa SD dan SMP Mengendarai Sepeda Motor

Dulu saat saya MI, antara tahun 1996-2002, tidak ada satupun siswa yang berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Lha kok siswa, bapak dan ibu guru saja masih banyak yang jalan kaki atau menggunakan sepeda pancal. Kalaupun ada yang membawa motor, pasti yang membawa hanya kepala sekolah yang kebetulan rumahnya memang jauh dari sekolah saya yang cukup udik.

Sekolah MI saya memang tidak terlalu bagus dan tidak terlalu kota. Namun saya bangga pernah bersekolah di sana, di Madrasah Ibtidaiyah Semanding Sumbermulyo Jogoroto Jombang. Sekolah yang sederhana, selalu menanamkan budi pekerti kepada siswanya, dan tentu saja memberikan pendidikan moral dan agama yang lebih karena masih berbau pondok pesantren.
Setelah lulus dari MI, saya mendaftar di salah satu SMP negeri melalui jalur tes tulis. Dan Alhamdulillah saya lolos dan bisa menjadi salah satu siswa di SMP Negeri 3 Jombang, SMP yang mewah alias “mepet sawah”.
Ketika saya SMP, tak satupun siswa yang berani membawa motor ke sekolah. Kalaupun ada, biasanya hanya 1 atau 2 teman saya saja yang membawa motor, itupun tidak sampai dibawa ke sekolah. Motor tersebut biasanya dititipkan di penitipan sepeda yang jaraknya sekitar 300 m dari sekolah saya. Atau kadang kadang dititipkan di rumah teman yang kebetulan jaraknya dekat dengan sekolah.
Saat itu, saya merasa peraturan di sekolah memanglah sangat ketat. Jangankan sepeda motor, membawa handphone ke sekolah saja urusannya jadi panjang dan bisa bisa kena sita da yang mengambil harus orang tua. Jadi bila ada nekat membawa sepeda motor, saya yakin hukuman yang didapat pasti lebih gede.
Siswa SD dan SMP Mengendarai Sepeda Motor

Apabila dibandingkan dengan saat sekarang, saya rasa beberapa sekolah sekarang memberikan peraturan yang sedikit longgar mengenai penggunaan sepeda motor untuk siswanya. Kalau tingkat SMA saya pikir masih wajar, tapi kalau tingkat SD dan SMP saya rasa itu sudah mulai aneh. Karena untuk mendapatkan SIM saja harus berusia 17 tahun, jadi dapat disimpulkan bahwa anak SD dan SMP pastinya belum meiliki SIM.

Saya pernah mendengar dari teman kerja saya. Adeknya yang masih kelas 6 SD berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor. Byuh, saya langsung kaget, kok boleh ya menggunakan sepeda motor ke sekolah, apa orang tuanya nggak melarang. Katanya sih orang tuanya sibuk jadi nggak bisa nganter, katanya sih adeknya sudah bisa naik motor, jadi ya dibelikan motor oleh bapak ibunya untuk berangkat ke sekolah. Mendengar itu saya kembali bertanya tanya, “itu orang tuanya nekat banget ya, malah ngebolehin anaknya naik motor sendiri”.
Hal yang sedikit berbeda malah ditunjukkan oleh salah satu sekolah SMP di Jember yang terang terangan memperbolehkan siswa siswinya untuk membawa sepeda motor ke sekolah, diutamakan untuk yang rumahnya jauh dari sekolah. Menurut saya hal ini adalah hal yang cukup edan, kok bisa bisanya sekolah SMP memperbolehkan siswanya bawa motor ke sekolah. Padahal udah jelas siswa SMP belum punya SIM. Dan faktanya, sampai sekarang di sekolah tersebut malah makin banyak yang membawa sepeda motor ke sekolah.
Saya disini tidak akan member komentar yang panjang lebar mengenai fenomena tersebut. Saya pikir sebagai manusia memang merupakan tempatnya lalai dan lupa. Tapi kalau lupa dan lalainya seperti itu, itu namanya sudah penyakit stadium 4 dan kritis, jadi perlu untuk diobati secara frontal dan trengginas agar masalah tersebut bisa tuntas.
Semoga di antara para pembaca sekalian tidak membiarkan putra putrinya, saudaranya, keponakannya untuk nekat membawa sepeda motor ke sekolah dengan alasan apapun. Karena jalan raya bisa menjadi salah satu pembunuh bagi penggunanya, apalagi bagi anak SD dan SMP yang masih labil serta kurang bisa mengendalikan motor dengan baik serta kurang bisa menghormati pengguna jalan yang lain.
Artikel saya ini saya terbitkan karena kepedihan saya melihat semakin bebasnya anak SD dan SMP mengendarai sepeda motor di lingkungan desa saya tanpa mengetahui aturan dan norma norma yang berlaku di masyarakat.

Incoming search terms:

  • anak smp memakai bikini
  • anak smp pakai bikini
  • oke google siswa smp
  • model bikini anak smp
  • mengapa siswa berangkat kesekolah menggunakan motor
  • mengapa anak smp yang boleh mengendarai swpewda motor ke sekolah
  • foto smp di motor
  • foto siswa saat sekolah memakai bikini
  • cewek motor anak smp
  • voto rumah sekolah smp yg bagus