YKS – Acara TV Terpopuler Tapi…

Sudah beberapa hari saya nggak ngepost mengenai fenomena yang ada di sekitar saya. Mungkin karena memang lagi nggak peka sama kondisi sekitar atau mungkin karena memang belum saatnya saya mengekspos hal hal yang menurut saya kurang tepat.
Oke, kali ini saya akan membahas salah satu acara di televisi, acara tersebut adalah YKS, dulunya singkatan dari Yuk Kita Sahur, dan sekarang menjadi Yuk Keep Smile. Acara YKS ini memang sedang booming saat ini dengan salah satu ciri khas utamanya, yakni Joget Caesar.
Apabila ditinjau dari kelebihan acara ini, saya rasa ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa acara ini sangat populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut adalah :
1. Kreativitas
Semua orang pasti tahu dong betapa kreatifnya tim kreatif di acara YKS. Setiap hari ada saja ide gila yang muncul dan ide ide gila itu akhirnya menjadi salah satu ruh YKS. Ide gila yang saya maksud adalah dengan adaya Joget Caesar, Pemanfaatan Tepung, dan tentunya Eksploitasi Penonton serta Kru di acara YKS.
2. Komedi Gokil
Yang namanya komedi, pastinya harus bisa membuat penonton ketawa ketika melihat acara tersebut. Namun kalau komedi gokil, segala cara dihalalkan untuk membuat penonton tertawa, termasuk adanya adegan pelemparan tepung, adegan menyuruh penonton untuk berjoget dengan iming iming hadiah atau uang, serta adegan yang mengharuskan penonton melakukan tindakan apa saja sebagai syarat untuk melihat acara tersebut, misalkan dengan kostum kostum aneh.
3. Komediannya terkenal dan satu paket
Komedian di acara YKS memang sudah seperti sembako yang memang harus ada sepaket. Saya nggak tahu ini memang sebuah kesengajaan atau hanya karena sistem manajemen. Dengan komedian utama yang terkenal dan sudah memiliki nama mentereng di dunia entertainment, YKS bisa melaju lebih cepat untuk mendapatkan popularitasnya.
4. Acara tersebut belum pernah ada sebelumnya
YKS memanglah sebuah acara yang baru, dengan lawakan yang baru, dan tentunya dengan hiburan atau entertain yang memanfaatkan fakta bahwa manusia butuh cara menghilangkan stress dan manusia akan lebih fokus pada hal yang aneh dan tidak biasa. Dengan kreativitas seperti itu, YKS akhirnya melejit menjadi acara televisi terpopuler saat ini, namun pandangan yang berbeda justru ada pada otak saya yang kurang setuju dengan acara YKS.
Setelah menekankan kelebihan kelebihan dari acara YKS alias Yuk Keep Smile. Saya juga akan menerangkan beberapa sisi negatif dari acara tersebut. Ini memang hanya pendapat pribadi, namun jika ini bertentangan dengan kesepahaman anda, saya rasa bukanlah suatu masalah, karena sesuatu hal itu pasti punya sisi hitam dan putih. Demikian sisi buruk dari acara YKS alias Yuk Keep Smile versi saya :
Dalam acara YKS, ada semacam tindakan eksploitasi kepada penonton yang datang di acara tersebut. Misalnya adalah dengan penggunaan kostum yang aneh, adanya gerakan menirukan joget, dan yang ketiga adalah adanya eksploitasi “jiwa pengemis” dari penonton, agar datang ke acara tersebut dengan tujuan mendapatkan hadiah, baik itu uang ataupun dalam bentuk benda.
Menurut saya hal ini adalah sebuah eksploitasi yang tidak wajar. Jadi penonton di acara tersebut semacam terhipnotis hingga akhirnya mau melakukan apa saja demi beberapa lembar uang ratusan ribu ataupun hadiah lainnya. 
Disini saya bukan mempermasalahkan pihak penyelenggara atau komedian ingin bersedekah dengan memberikan uang/hadiah. Hanya saja saya masih kurang sepakat ketika penonton harus melakukan ini dan itu hanya demi beberapa uang. Dan menurut saya ini adalah suatu tindakan pembodohan yang tidak disadari oleh penonton.
Hal yang kedua yang tidak saya sukai dari acara YKS adalah eksploitasi karyawan yang kerja di tim YKS. Dalam hal ini eksploitasi berupa menyangkut pautkan masalah pribadi seseorang untuk dishare ke public. Seperti kondisi jauh dari istri lah, kondisi jomblo ngenes yang nggak punya pasanga, atau bahkan masalah yang lainnya.
Saya memang suka entertain yang ditampilkan di acara YKS, seperti lomba masukin paku ke botol sambil makan. Namun untuk kategori mengumbar privacy seseorang ke publik, saya rasa acara ini sudah melenceng dari yang dinamakan acara enterteinment. Karena tentu saja masih ada batasan hal apa saja mengenai privacy seseorang yang boleh ditampilkan ke publik.
Saya yakin, dari semua karyawan/tim di acara YKS, ada beberapa yang sepertinya terganggu ketika dia sudah mendapat giliran untuk dieksploitasi. Bukannya nggak mau terkenal, tapi yang namanya privacy, nggak semua harus diceritakan ke orang lain, apalagi melalui media atau acara televisi.
Masyarakat sekarang memang sudah berubah. Acara sarat ilmu dan pengetahuan sudah dianggap kuno. Dan acara yang lucu serta gokil sudah dianggap sebagai kebutuhan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat stress masyarakat cukup tinggi dan perlbu banyak hiburan untuk menurunkan stress tersebut.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.