Kopi Di Seluruh Indonesia

Kopi Di Seluruh Indonesia – Kalau berbicara tentang kopi, saya yakin semua pasti sudah pada kenal dengan yang namanya kopi. Berdasarkan situs wikipedia, kopi adalah minuman yang berasal dari ekstrak biji tanaman kopi. Sebenarnya saya tidak sepakat dengan definisi itu, karena menurut saya kopi adalah satu tanaman yang bijinya bisa diekstrak untuk menjadi minuman yang bernama wedang kopi, hehe.
Kopi Di Seluruh Indonesia
Kopi Tubruk
Apabila kita membahas tentang kopi, ada salah satu istilah yang mengatakan bahwa nongkrong tanpa kopi ibarat melihat televisi tanpa antena. Jelas tidak akan pas dan tidak akan pernah lengkap, oleh karena itu, setiap nongkrong jangan lupa menyiapkan kopi terlebih dahulu.
Oke, disini saya akan membeberkan beberapa jenis minuman kopi yang sudah pernah saya incipi di seluruh Indonesia. Kopi kopi itu adalah sebagai berikut :
1. Kopi Tubruk
Kopi tubruk adalah jenis minuman dari kopi yang cara pembuatannya berbeda. Kopi tubruk ini dibuat dengan cara mendidihkan kopi dan gula secara bersamaan di dalam panci atau wadah yang lain.
Kopi ini terasa cukup nikmat karena kepekatan kopinya akan terasa lebih mantap. Jadi ketika mendaki gunung saya sering membuat kopi dengan jenis ini karena lebih hangat di badan.
2. Kopi Hitam
Kopi hitam adalah kopi original yang sudah biasa kita buat sehari hari. Kopi tersebut merupakan serbuk yang dihaluskan dari serbuk kopi original tanpa adanya campuran apapum. Caranya adalah dengan memasukkan kopi dan gula terlebih dahulu ke dalam gelas, baru kemudian dituangi dengan air dalam kondisi panas.
Untuk membuat kopi hitam ini, usahakan agar air benar benar dalam keadaan mendidih. Tujuannya agar perut tidak kembung karena air yang kurang mendidih.
3. Kopi Luwak
Kopi Luwak adalah kopi andalan Indonesia. Meskipun caranya pembuatannya masih kontroversi antara halal dan haram, namun kopi ini memiliki banyak sekali penggemar. Selain rasanya yang nikmat, kopi ini juga memiliki aroma yang khas. Cara pembuatan kopi ini sama dengan kopi hitam, hanya saja bahannya berasal dari biji kopi yang diberikan sebagai makanan kepada hewan luwak, kemudian biji kopi dalam fesesnya diambil, dibersihkan kemudian disangreh dan dihaluskan menjadi serbuk kopi.
Kopi luwak ini merupakan kopi fermentasi alami oleh hewan Luwak. Karena prosesnya yang lama, kopi ini memiliki harga yang relatif mahal daripada kopi kopi yang lainnya.
4. Kopi Joss
Kopi joss adalah kopi andalan warga Jogjakarta. Bagi siapa yang pernah singgah di warung serta angkringan di Jogja, pastinya anda mengenali jenis kopi yang satu ini.
Kopi joss adalah kopi hitam biasa yang disajikan dengan arang hitam. Dengan penambahan arang tersebut, akan membuat aroma kopi menjadi berbeda dan nikmat. Saya pernah merasakan nikmat kopi ini sebanyak 3 kali ketika saya liburan ke Jogja di awal tahun 2013. Bagi yang ingin tahu tempatnya, kalau tidak salah lokasinya berada di belakang stasiun Tugu Jogjakarta.
5. Kopi Susu
Kopi ini merupakan perpaduan yang khas dan enak. Kopi yang dipadukan dengan susu akan menghasilkan rasa yang enak dan berbeda. Baik itu susu kreemer atau susu sapi asli. Dengan penambahan susu ini, rasa dan aroma kopi akan menjadi berbeda, namun tetap bisa membuat mata kita menjadi lebih betah melek.
Demikian adalah beberapa jenis kopi yang pernah saya konsumsi dan saya rasakan nikmatnya. Bagi sahabat yang memiliki jenis kopi lain di daerahnya, bisa dishare disini untuk menambah koleksi berbagai jenis Kopi di Seluruh Indonesia.