Proyek Buku Pengobatan Tradisional Suku Tengger


Apabila sahabat melihat judul di atas, sahabat jangan kaget dengan istilah “proyek” yang saya sampaikan tersebut. Proyek ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan “proyek hambalang” maupun “proyek jembatan brantas” yang dikorupsi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, hehe.
Kembali ke masalah proyek, yang dimaksud dengan proyek adalah sebuah perencanaan yang matang mengenai apa yang akan dibuat dan bagaimana cara kita merealisasikannya. Jadi dalam suatu proyek akan tergambar dengan jelas output apa yang akan menjadi hasilnya serta proses apa yang akan kita lakukan untuk merealisasikan output tersebut.
Dalam kesempatan kali ini, saya memang tergerak dan tergugah kembali atas Proyek Monumental 2014 yang dikumandangkan oleh Bapak Komandan Blogger aka Pakdhe Cholik. Dimana sebuah cita cita yang pernah terbersit akhirnya muncul kembali ke permukaan sehingga muncul kembali niat untuk mewujudkan cita cita itu.
Cita cita tersebut sebenarnya adalah cita cita organisasi pencinta alam yang saya ikuti selama saya kuliah di Fakultas Farmasi Universitas Jember. Yakni membuat sebuah buku yang bertemakan Etnofarmasi, atau penelitian obat tradisional pada suku tertentu. Dan dalam proses pembuatan buku tersebut, kami masih sampai dalam tahap penelitian dan juga pembuatan laporan untuk penelitian itu. Sedangkan output yang diharapkan dalam bentuk buku belum bisa terwujud.
Saya sebagai salah satu pelaksana dalam penelitian itu benar benar ingin merealisasikan hal tersebut. Terlebih lagi saya juga telah menjadikan tema tersebut sebagai tema dalam tugas akhir atau skripsi saya, yaitu Etnofarmasi Suku Tengger atau lebih biasa kita kenal dengan bahasa Pengobatan Tradisional Suku Tengger.
Dengan latar belakang tersebut, saya ingin menjadikan hasil skripsi saya tersebut dalam bentuk buku. Dimana buku tersebut akan menjelaskan mengenai apa saja Pengobatan Tradisional Suku Tengger, baik itu mengenai bahan bahannya, manfaatnya, cara pembuatan serta cara pemakaiannya.
Dalam buku tersebut saya akan menjelaskan satu per satu mengenai resep tradisional yang digunakan oleh masyarakat Suku Tengger dalam mengobati penyakit yang diderita oleh mereka. Misalkan penyakit flu, batuk, atau demam yang termasuk kategori penyakit ringan. Atau bahkan penyakit sifilis yang termasuk kategori penyakit berat.

pendahuluan tersebut, rincian Proyek Buku Pengobatan Tradisional Suku Tenggeradalah sebagai berikut :

1. Bentuk Output : Buku

2. Judul Buku : Rahasia Pengobatan Tradisional Suku Tengger
(bisa diganti dengan judul lain yang lebih menjual)

3. Sumber Data : Skripsi Pribadi Tentang Penelitian Pengobatan Suku Tengger serta data data pendukung lainnya.

4. Isi Utama Buku : Resep tradisional dalam pengobatan penyakit di masyarakat Suku Tengger beserta cara pembuatan dan pemakaiannya.

5. Proses Pengerjaan Proyek : Antara 4 sampai 6 bulan

Demikian proyek saya yang merupakan sebuah cita cita yang belum terwujudkan. Semoga proyek ini bisa segera terwujud dan segera ada output nyata dalam bentuk buku. Amin.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014

Proyek Buku Pengobatan Tradisional Suku Tengger

Incoming search terms:

  • proyek obat tradisional