Sehari Tanpa Gadget : on Travelling or Hiking

Sehari Tanpa Gadget : on Travelling or Hiking – Jika kita mendengar atau membaca tulusan “sehari tanpa gadget” kita pasti akan bingung. Harus ngapain ya, kira kira bisa nggak ya, sanggup nggak ya, terus kalau tanpa gadget gak bisa ngobrol atau telpon telponan sama pacar. Haduh…dunia serasa akan terbalik jika dalam sehari kita gak menggunakan gadget sama sekali.
Deskripsi di atas memang ada benarnya. Di dunia yang sangar seperti saat ini. Gadget memang sudah menjadi sebuah kebutuhan kehidupan. Bahkan saking hebatnya gadget, silaturahmi yang seharusnya face to face pun bisa difasilitasi lewat gadget. Misalnya dengan skype atau bahkan webcam. Jadi dapat disimpulkan, hidup jauh jauh dengan gadget memang menjadi sesuatu yang sulit dilakukan, tapi tetap masih ada peluang untuk hidup seharian tanpa gadget.
Saya sendiri pernah mengalami beberapakali kejadian yang dalam sehari, bahkan ada yang lebih dari sehari hidup tanpa gadget. Mau tau nggak, kalau nggak mau, aku ngambek nih. Jadi jawab aja mau tau ya, biar saya nggak ngambek dan mau cerita di sini, wkwk.
Ketika saya kuliah, ada beberapa kegiatan yang memang mau tidak mau membuat saya hidup seharian tanpa gadget. Kegiatan kegiatan tersebut antara lain :
1. Diklat Lapang Organisasi Pecinta Alam di bagian selatan Pegunungan Argopuro
Kegiatan diklat lapang OPA memang memiliki aturan peserta tidak boleh membawa handphone. Jadi kurang lebih selama 3 hari 2 malam (dari jumat sore sampai minggu sore) saya tidak membawa gadget sama sekali. Lagian buat apa bawa gadget, lhawong mau melakukan pendakian ke gunung yang memang tidak ada sinyal sama sekali.
Sehari Tanpa Gadget : on Travelling or Hiking
Ini foto diklat yang udah jadi panitia
Waktu jadi peserta saya gak bawa gadget, jadi gak ada fotonya
2. Traveling ke Pantai Baluran, Banyuwangi
Kegiatan kedua yang saya lakukan tanpa menggunakan gadget sama sekali yakni ketika dolan ke pantai yang gak ada sinyal dan handphone saya saya simpen dalam tas sampai pulang. Jadi mulai hari sabtu pagi sampai minggu malam saya tidak menggunakan handphone atau gadget lain sama sekali. Saya hanya menghabiskan waktu untuk memancing, mandi di laut, masak, dan juga menghangatkan badan di api unggun.
Sehari Tanpa Gadget : on Travelling or Hiking
Ini Travelling di Pantai Bande Alit
Kalau di Pantai Baluran gak ada fotonya karena memang gak bawa gadget
Sebenarnya masih banyak kegiatan saya yang lain yang memang tidak menggunakan handphone. Tapi karena masih menggunakan kamera yang juga termasuk gadget, jadinya ya nggak saya itung sebagai seharian tanpa gadget.
Nah, bagi yang bingung menghabiskan waktu dalam masa “sehari tanpa gadget” saya memiliki saran yang sangat bisa sahabat lakukan, baik bersama teman, pacar, maupun keluarga. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan Travelling atau Hiking.
Mengapa demikian, karena dengan travelling atau hiking, anda bisa merefresh pikiran serta menenangkan pikiran anda sejenak. Anda bisa ke pantai yang masih alami dengan pemandangan yang indah. Atau anda juga bisa naik gunung atau tempat hiking lain yang pastinya juga akan menyegarkan pikiran kita. Dengan travelling atau hiking, tentunya anda akan bisa meninggalkan kesibukan anda serta gadget anda untuk sejenak. Tapi dengan ketentuan anda tidak menggunakan kamera digital atau kamera handphone untuk mengambil foto.
Travelling dan Hiking memang sudah menjadi kebiasaan saya untuk merefresh pikiran saya. Dengan pemandangan yang bagus serta udara yang segar, paling tidak bisa melupakan kesibukan untuk sejenak sambil menikmati keindahan alam yang merupakan anugerah Tuhan YME.
Sekian alternatif pilihan untuk anda yang ingin menghabiskan waktu “sehari tanpa gadget”. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di blog Keajaiban Senyuman lhooooo