Tips dan Trik Jitu Lulus SNMPTN atau SBMPTN Tahun 2014

loading...
Tips dan Trik Jitu Lulus SNMPTN atau SBMPTN Tahun 2014 – Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membongkar trik yang pernah saya lakukan ketika saya dulu ikut berjuang dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2008. Pada waktu itu, seleksi masuk masih dinamakan SNMPTN, dan sekarang namanya sudah sedikit berubah menjadi SBMPTN yang merupakan akronim dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Sebagai seorang pelajar yang tergolong tidak terlalu pandai dan tidak berasal dari keluarga yang kaya raya. Tentunya saat SMA saya tetap mengidam idamkan untuk meneruskan ke jenjang perguruan tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Dan tentunya, jalan satu satunya yang harus di tempuh adalah dengan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN yang biayanya relatif terjangkau.

Tips dan Trik Lulus SBMPTN Tahun 2014

Tips dan Trik Jitu Lulus SNMPTN atau SBMPTN Tahun 2014
Sebelum saya membahas lebih lanjut, tentunya saya akan memberikan informasi pengenai kapan dan tanggal pendaftaran maupun pelaksanaan SBMPTN Tahun 2014. Menurut beberapa sumber, pelaksanaan pendaftaran akan dilakukan pada 10 Mei – 7 Juni 2014. Sedangkan pelaksanaan ujian akan dilakukan pada 17 dan 18 Juni 2014.

Jenis Tes Pada SBMPTN Tahun 2014

Sebagaimana pada tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2013, jenis tes pada SBMPTN Tahun 2014 adalah sebagai berikut:
  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU), meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  3. Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), meliputi Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi
  4. Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum), meliputi Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. 

Tips dan Trik Agar Lulus SBMPTN Tahun 2014

1. Belajar Soal Soal dari SBMPYN Tahun Sebelumnya
Sebagai seorang siswa yang ingin lulus tes, tentu salah satu point yang harus dilakukan adalah dengan belajar. Mungkin memang ada beberapa orang yang hanya mengandalkan keberuntungan saja. Namun, saya harapkan agar kita juga berharap keberuntungan sekaligus disokong dengan belajar sebagai usaha nyata kita.
Untuk menembus SBMPTN, tentunya kita harus memahami terlebih dahulu pola pola soal yang ada pada tes di tahun tahun sebelumnya. Yaitu kita melihat soal soal TPA, TKDU, TKD Saintek maupun TKD Soshum untuk menganalisa jenis jenis soal apa yang akan keluar.
2. Memprediksi Jenis Soal yang Akan Keluar di SBMPTN 2014
Jika anda adalah seorang yang malas, saya harap anda mulai tergugah untuk kembali belajar. Karena untuk lolos seleksi juga diperlukan usaha dan kerja keras. Setelah melihat beberapa soal soal ujian di tahun tahun sebelumnya, tentunya kita akan mendapat beberapa jenis soal yang di tiap tahun seleksi akan muncul. Nah, disini kita akan menggunakan daya analisis kita untuk memprediksi jenis soal apa saja yang sering keluar. Kemudian jenis jenis soal ini kemudian kita list dalam daftar catatan kita sebagai bahan untuk belajar.
3. Belajar Menyelesaikan Jenis Soal yang Ada Dalam List
Setelah mendapat list beberapa jenis soal, tentunya kita harus mencarisoal soal sejenis untuk dipecahkan. Tujuannya adalah agar kita terbiasa dan tahu bagaimana menyelesaikan soal itu. Kalau terbiasa tentunya kita tidak akan bingung ketika mendapat soal yang sama ketika tes SBMPTN berlangsung.
4. Belajar dan Refresh
Saya memang seseorang yang “nggetu” alias serius ketika belajar. Namun hal ini tidak harus anda tiru, karena belajar saja tentunya akan memberikan efek yang kurang baik jika kita terlalu stress. Selingi waktu belajar anda dengan bermain dengan teman atau sekedar jalan jalan sore untuk merefresh pikiran.
5. Belajar di Waktu Senggang Setelah Ujian Nasional
Terus terang saya hanya belajar untuk SNMPTN ketika saya sudah mendapatkan hasil pengumuman ujian nasional. Tujuannya adalah agar kita lebih fokus dan lebih efektif untuk belajar menyiapkan kemampuan akademis kita dalam ujian masuk PTN.
6. Hentikan Belajar Seminggu Sebelum Tes Berlangsung
Sistem belajar yang baik menurut saya adalah menyiapkan psikis sebelum tes. Jadi kira kira seminggu sebelum tes SBMPTN berlangsung. Usahakan anda sudah rehat daribelajar yang berat,anda harus lebih menyiapkan mental, psikis dan tentunya beberapa persyaratan atau peralatan yang harus dibawa ketika ujian. Jangan sampai pikiran anda menjadi tidak fokus hanya karena kartu ujian tertinggal atau lupa membawa pensil ketika tes berlangsung.
7. Berdoa dan Mohon Doa Restu Orang Tua
Mengapa dalam hal ini saya lebih mengedepankan usaha dulu sebelum berdoa? Hal ini bertujuan agar kita terbiasa meakukan usaha atau perjuangan terlebih dahulu. Baru kemudian kita memohon kepada Tuhan dan juga bantuan doa orang tua agar apa yang telah kita upayakan mendapat hasil sesuai dengan jerih payah kita.
Demikian artikel dari saya mengenai Tips dan Trik Jitu Lulus SNMPTN atau SBMPTN Tahun 2014. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
loading...