5 Cara Ampuh Mengusir Tikus Secara Alami Di Rumah Atau Sawah

loading...
5 Cara Ampuh Mengusir Tikus Secara Alami Di Rumah Atau Sawah – Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang cukup mengganggu kenyamanan di rumah kita. Selain dapat memotong kabel kabel yang ada di rumah dengan giginya. Tikus juga bisa mengobrak abrik meja makan dan juga dapur kita. Bahkan yang lebih ekstrim lagi, tikus tidak segan segan memakan pakaian kita yang berserakan. Dengan perilaku yang mengganggu tersebut, tentunya kita sangat ingin mengusir tikus dari rumah kita.
Selain mengganggu kenyamanan rumah, tikus juga mengganggu para petani di sawah. Dengan adanya tikus hasil panen justru akan menjadi sedikit bahkan bisa jadi panen akan gagal. Karena dalam proses pembenihan banyak benih yang kadang kadang dimakan oleh tikus dan dirusak karena pergerakan tikus yang liar. Oleh karena itu banyak cara juga telah dilakukan petani untuk mengusir tikus.

Cara Ampuh Mengusir Tikus

Sebelum membahas bagaimana Cara Ampuh Untuk Mengusir Tikus, di bawah ini saya akan menuliskan beberapa cara mengusir tikus dengan menggunakan alat atau instrument :

Cara Mengusir Tikus Dengan Alat / Instrument

  1. Menggunakan racun tikus
  2. Menggunakan perangkap tikus
  3. Menggunakan pengusir tikus elektrik dengan gelombang elektromagnetik

Beberapa cara di atas adalah cara yang memang lazim. Namun terkadang masih dirasakan kurang efektif dalam upaya untuk mengusior tikus. Berikut ini adalah 10 cara mengusir tikus secara alami :
1. Memotong ekor tikus
Cara pertama yang alami yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus adalah dengan memotong ekor tikus. Sebagaimana manusia, tikus juga makhluk hidup yang memiliki rasa takut. Jika kita mendapati satu ekor tikus dalam perangkap tikus yang kita pasang. Jangan langsung membunuh tikus tersebut. Potong ekor tikus tersebut dan lepaskan kembali.
Tujuannya adalah agar tikus tersebut berkomunikasi dengan tikus lainnya bahwa kalau kita ada di tempat ini akan mendapatkan perlakuan yang sama jika ditangkap, yakni ekornya akan dipotong. Dengan rasa takut itu tentunya tikus akan pergi dari rumah atau sawah tersebut.
2. Lumuri badan tikus dengan cat yang berwarna mencolok
Sebagaimana cara yang kedua, faktor rasa takut tetap menjadi alasan utama di cara ini. Jika mendapati seekor tikus dalam perangkat, silahkan gunakan cat dengan warna mencolok untuk melumuri badan tikus tersebut. Saran saya gunakan saja warna merah darah atau warna biru. Warna itu adalah warna yang aneh bagi seekor tikus.
Tujuannya adalah agar tikus tersebut berkomunikasi dengan tikus lainnya bahwa kalau kita ada di tempat ini akan mendapatkan perlakuan yang sama jika ditangkap, yakni badan akan diwarnai. Dengan rasa takut itu tentunya tikus akan pergi dari rumah atau sawah tersebut.
3. Pelihara Kucing
Pernah liat film Tom and Jerry? Saya yakin anda semua sangat familiar dengan film tersebut. Film yang mengisahkan seekor kucing dan tikus yang selalu bermusuhan. Nah, dengan inspirasi film itu, kita harus memelihara seekor kucing jantan yang bukan kucing peliharaan seperti kucing Persia atau semacamnya.
Carilah kucing liar yang ada di sekitar rumah anda, kemudian beri makan kucing tersebut selama beberapa hari. Biasanya kucing itu akan sering berada di rumah kita. Dan sebagai timbale baliknya, biasanya tanpa disuruh pun kucing itu akan beroperasi untuk mengeksekusi tikus tikus yang ada di rumah atau di sawah kita.
Saya sendiri pernah memelihara seekor tikus di rumah. Dan beberapa kali saya mendapati kucing itu menangkap tikus yang biasa mondar mandir di dapur.
4. Beri kapur barus di tempat yang mungkin ada tikus
Untuk menghindarkan tikus dari beberapa tempat di rumah kita, kita bisa memanfaatkan kamper atau kapur barus butiran. Caranya adalah dengan menggerus kapur barus tersebut atau memotong kapur barus menjadi 2 bagian kemudian disebarkan di sudut sudut rumah.
Tikus adalah hewan yang tidak terlalu suka bau bauyang menyengat seperti kapur barus. Oleh karena itu cara ini saya rasa cukup efektif jika digunakan di dalam rumah.
5. Gunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus
Jika di rumah bisa menggunakan kapur barus, kalau di sawah saya menyarankan untuk menggunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus. Caranya adalah dengan membuat jus mengkudu atau menghancurkan mengkudu dengan dicampur air. Setelah itu siramkan jus mengudu diu beberapa tempat di sawah. Dengan bau yang menyengat ini, tentunya diharapkan agar tikus tidak masuk di area sawah kita.
Demikianlah tulisan dari saya mengenai 5 Cara Ampuh Mengusir Tikus Secara Alami Di Rumah Atau Sawah. Semoga cara cara ini bisa bermanfaat bagi anda dalam usaha mengusir tikus.
loading...