Obat Asam Urat Allopurinol Dan Cara Mengetahui Kadar Asam Urat

loading...
Obat Untuk Asam Urat – Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali membahas mengenai obat obatan. Suatu hal yang saya pelajari ketika saya berkuliah di Fakultas Farmasi Universitas Jember.
Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai penyakit yang memiliki nama asam urat. Dilihat dari namanya, sepertinya kita pasti sudah familiar dengan penyakit ini. Suatu penyakit yang diderita oleh pria atau wanita dengan usia di atas 45 tahun. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri pada betis yangbukan disebabkan oleh kram.

Obat Dan Pengetahuan Dasar Tentang Asam Urat

Obat Asam Urat Allopurinol Dan Cara Mengetahui Kadar Asam Urat

Apa itu asam urat?
Asam urat sendiri sebenarnya merupakan sebuah hasil dari metabolisme tubuh. Ketika tubuh bermetabolisme, maka akan dihasilkan asam urat dan akan disimpan di dalam jaringan jaringan tubuh kemudian akan diekskresikan melalui urine. Jadi ketika system ekskresi berjalan normal, maka kadar asam urat akan normal. Namun ketika system ekskresi terganggu, maka kadar asam urat pun akan meningkat dan tentunya akan timbul rasa nyeri dan harus dilakukan proses pengobatan.
Bagaimana cara mengetahui asam urat berlebih?
Untuk mengetahui apakah kadar asam urat kita normal atau tidak, biasanya dilakukan pengetesan asam urat dengan 2 metode, yaitu Tes Enzimatik dan Tes Biasa.
Berapa kadar normal asam urat dalam tubuh?
Kadar normal asam urat dalam tubuh maksimal adalah 7 mg/dl jika menggunakan Tes Enzimatik. Dan jika menggunakan tes biasa, kadar asam urat maksimal adalah 8 mg/dl. Jadi jika kadar asam urat melebihi nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa kita adalah penderita asam urat.
Apakah kadar normal asam urat pria dan wanita sama?
Tidak. Kadar normal asamurat pada laki laki adalah antara 3,5 – 7 mg/dl. Sedangkan untuk wanita adalah 2,6 – 6 mg/dl.
Mengapa kadar asam urat bisa bervariasi?
Hal tersebut dipengaruhi oleh asupan makanan kita sehari hari dan juga factor olahraga. Jika kita sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat, tentu saja kadar asam urat kita akan naik.
Makanan apa saja yang mengandung asam urat tinggi?
Makanan yang memiliki kadar asam urat tinggi adalah jeroan, kacang kacangan dan juga bayam. Jadi jika kita merupakan penderita asam urat, maka makanan tersebut harus kita hindari agar asam urat tidak semakin tinggi.
Mengapa ketika asam urat, daerah persendian terasa nyeri?
Ketika asam urat kita meningkat, maka asam urat dalam tubuh akan tersebardi jaringan dan akan membentuk Kristal Kristal di jaringan persendian. Kristal asam urat tersebutlah yang akan membuat rasa nyeri saat kristal tersebut memberikan efek luka pada jaringan.
Bagaimana cara menyembuhkan asam urat?
Disini saya akan memberikan cara penyembuhan asam urat secara farmakoterapi. Allopurinol adalah salah satu obat yang paling banyak digunakan untuk penderita asam urat. Jadi jika Anda merupakan seorang penderita asam urat. Maka obat ini bisa anda gunakan untuk terapi awal untuk penyembuhan.
Allopurinol yang ada di pasaran biasanya memiliki kadar 100 mg dan 300 mg. Sedangkan penggunaan yang umum digunakan adalah 1 tablet 100 mg dengan penggunaan 3x sehari 30 menit setelah makan.
Jika asam urat anda sangat tinggi, anda bisa menggunakan dosis 2x nya, yakni 2 tablet 100mg dengan penggunaan 3x sehari.
Catatan : Dosis Maksimal penggunaan Allopurinol adalah 900mg per hari.
Bagaimana cara pencegahan agar tidak menderita asam urat?
Satu hal yang paling utama tentu saja asupan makanan, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam urat tinggi. Dan yang kedua, banyak banyak berolahraga, walaupun hanya jalan pagi atau jogging. Serta yang ketiga, perbanyak minum air putih.
Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Obat Asam Urat Allopurinol Dan Cara Mengetahui Kadar Asam Urat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Baca juga artikel lain mengenai obat di bawah ini :
Obat Untuk Sakit Maag
Obat Untuk Sakit Demam
loading...