Persyaratan Dan Cara Membuat Paspor Online 2017 Terbaru

loading...

Persyaratan Dan Cara Membuat Paspor Online 2017 Terbaru – Bagi anda yang ingin bepergian ke luar negeri, tentu saja anda harus memiliki paspor terlebih dahulu. Mengurus paspor bisa kita lakukan dengan datang langsung ke kantor imigrasi serta bisa juga dengan cara online.

Bedanya, kalau kita mengurus secara online, kita hanya perlu datang ke kantor imigrasi 2x, yaitu pada saat menyerahkan berkas + foto dan pada saat pengambilan. Namun apabila kita mengurus secara offline, maka kita akan datang 3x, pertama saat mengambil formulir, mengisi, dan menyerahkan formulir, kedua pada saat menyerahkan berkas dan foto, ketiga pada saat pengambilan.

Persyaratan Dan Cara Membuat Paspor Online 2017 Terbaru

cara-membuat-paspor-online-2017

5 Langkah Cara Membuat Paspor Online 2017

1. Siapkan Dokumen Yang Diperlukan

Bagi anda yang belum pernah sama sekali membuat paspor, berikut ini adalah berkas atau dokumen yang harus anda siapkan untuk membuat paspor baru.

a. E-KTP atau Lembar pengganti E-KTP yang ada logo Burung Garuda

b. Kartu keluarga (KK)

c. Ijazah / Buku nikah / Akta Kelahiran

 

2. Buka Situs Kantor Imigrasi untuk Daftar Secara Online

Setelah dokumen yang diperlukan sudah siap, buka web www.imigrasi.go.id. Pilih menu Layanan Publik, kemudian Layanan Paspor Online. Apabila kurang jelas, silahkan melihat gambar di bawah ini.

cara-membuat-paspor-online-2017-terbaru

Pada halaman “Layanan Paspor Online”, ikuti step by step berikut:
a. Klik “Pra Permohonan Personal”
b. Isi kolom Informasi Pemohon sesuai dengan identitas anda. Kolom dengan tanda bintang merah artinya wajib untuk diisi.
c. Isi semua kolom yang harus diisi, Anda bisa klik Lanjut apabila kolom tersebut sudah diisi, apabila ada yg kurang sesuai Anda bisa klik Kembali untuk mengubahnya.
d. Pada kolom Jenis permohonan, pilih Baru – Paspor Biasa (jika anda membuat paspor baru) atau pilih jenis permohonan yang sesuai serta isi No. Paspor Lama Anda (jika anda memperpanjang masa berlaku paspor lama anda).
e. Pada kolom Kantor Imigrasi (Kanim), isilah lokasi Kanim yang terdekat dengan domisili Anda (tidak harus sesuai alamat KTP).
f. Pada saat mengisi kolom lainnya, isilah dengan benar data diri anda, termasuk email anda. Gunakan email yang masih aktif.

Catatan:
Apabila membuat paspor anak, Nomor identitas bisa diisi NIK Anak sesuai dengan NIK di kartu keluarga.

Apabila sudah selesai, akan muncul Informasi Pembayaran serta Konfirmasi Permohonan.

 

3. Lakukan Pembayaran + Verifikasi

Setelah mengisi form tersebut, silahkan buka email Anda. Pada email tersebut akan ada notifikasi untuk melakukan pembayaran paspor ke Bank BNI.

Pembayaran untuk paspor baru adalah sebesar Rp. 355.000. Bukti pembayaran difotokopi sebanyak 3x untuk proses no. 4

Setelah melakukan pembayaran, silahkan melakukan verifikasi dengan klik link verifikasi yang ada di email tersebut. Kemudian silahkan memilih tanggal kapan anda akan datang ke Kantor Imigrasi (Kanim) yang sudah anda tentukan.

 

4. Datang ke Kantor Imigrasi

Setelah menentukan tanggal tersebut, Anda harus mendatangi Kantor Imigrasi tersebut sesuai tanggal. Sebagai informasi, jam buka Kanim adalah sebagai berikut:
a. Senin – Kamis = 07.00 – 16.00 Istirahat 12.00 – 13.00
b. Jumat = 07.00 – 16.00 Istirahat 11.30 – 13.00.

Sebelum datang ke Kanim, pastikan dokumen anda sudah lengkap, termasuk bukti pembayaran.

Setelah sampai di kanim, anda harus antri untuk menyerahkan berkas tersebut. Setelah berkas anda serahkan, anda juga akan langsung melakukan foto, pengambilan sidik jari (biometrik) dan juga wawancara. Untuk wawancara, anda tidak perlu takut, pada sesi ini hanya akan ditanyakan kemana anda akan bepergian.

Setelah wawancara anda akan diberitahu kapan paspor anda akan diambil, biasanya 3 atau 5 hari kerja.

 

5. Pengambilan Paspor

Berdasarkan informasi terakhir setelah wawancara, 3 atau 5 hari kerja setelahnya anda sudah bisa mengambil paspor anda. Pengambilan paspor ini bisa juga diwakilkan, tetapi harus dilengkapi dengan surat kuasa bermaterai.

cara-membuat-paspor-online-jakarta

Demikian artikel dari saya mengenai Persyaratan Dan Cara Membuat Paspor Online 2017 Terbaru. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

loading...

Incoming search terms: