Persyaratan Dan Cara Membuat Visa Terbaru 2017

loading...

Syarat Syarat Dan Cara Membuat Visa Terbaru 2017 – Cara membuat visa adalah salah satu tutorial pelengkap setelah pada beberapa waktu yang lalu saya sudah membuat artikel tentang apa saja Persyaratan Dan Cara Membuat Paspor Terbaru 2017. Sehingga saat ini saya merasa perlu juga untuk membuat artikel tentang apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat visa dan bagaimana pula cara untuk mendapatkan visa tersebut.

Sebelum muter muter untuk tahu apa saja persyaratan yang diperlukan, maka kita harus tahu dulu apa itu visa. Visa adalah dokumen resmi sebagai bukti bahwa kita sudah diperbolehkan untuk masuk ke negara tertentu. Jadi visa ini perlu dibuat saat kita mau ke luar negeri. Jadi visa ini adalah pelengkap paspor tetapi ngurusnya beda. Visa diurus di kantor kedubes negara mana yang akan kita kunjungi.

Persyaratan Dan Cara Membuat Visa Terbaru 2017

Daftar Negara Bebas Visa

Saat ini sudah ada 57 negara yang sudah menyepakati untuk bebas visa jika kita warga Indonesia berkunjung kesana. Visa ini adalah visa kunjungan yang mana rata2 sekitar 15-30 hari. Di antaranya adalah negara negara yang sudah bebas visa adalah sebagai berikut:

  1. Kamboja
  2. Hogkong
  3. Macau
  4. Chile
  5. India (Cukup mengisi data via indianvisaonline.gov.in)
  6. Jepang (Bebas visa bagi pemegang e-paspor atau 15 hari bagi pengguna paspor biasa.)
  7. Yordania
  8. Malaysia
  9. Laos
  10. Myanmar
  11. Oman
  12. Papua Nugini
  13. Filipina
  14. Singapura
  15. Thailand
  16. Vietnam
  17. Turki (Khusus e-visa sampai 30 hari.)

 

Jenis Jenis Visa

Setelah tahu beberapa tempat yang bebas visa atau untuk kesana kita gak perlu repot repot bikin visa, cukup dengan paspor saja. Sekarang mari kita membahas apa saja jenis jenis visa.

Saat ini memang ada banyak sekali jenis visa, namun visa yang seringkali digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Visa Turis/Wisata, visa ini tentu saja diperlukan untuk yang ingin ke luar negeri untuk sekedar liburan dan travelling.
  2. Visa Kerja, visa ini diperlukan bagi anda yang ingin bekerja ke luar negeri (menjadi TKI atau TKW)
  3. Visa Belajar, visa ini dibuat bagi anda yang ingin melakukan studi di luar negeri, baik itu atas dana pribadi maupun beasiswa
  4. Visa Bisnis, visa ini tentu saja untuk anda yang sedang berbisnis keluar negeri
  5. Visa Diplomatik, visa ini khusus untuk pejabat negara atau diplomat yang mau berkunjung ke luar negeri atau ada urusan di luar negeri

Selain 6 visa di atas ada juga visa khusus bagi anda yang ingin melakukan umroh ke Saudi Arabia, namanya visa umroh.

 

Dimana Proses Pembuatan Visa

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Setelah anda mengurus paspor di kantor imigrasi, anda bisa mengajukan pembuatan visa di kedubes negara tujuan anda. Rata rata kantor Dubes tsb ada di wilayah Jakarta, hanya sebagian negara tertentu saja yang memiliki perwakilan di kota kota besar di Indonesia.

 

Persyaratan Apa Saja Yang Diperlukan untuk Mengurus Visa

Saat ini memang tidak bisa dijelaskan secara umum apa saja dokumen atau berkas yang diperlukan untuk mengurus visa. Karena di setiap negara memiliki persyaratan persyaratan khusus sehingga antar satu negara dengan negara lain akan berbeda.

Namun secara umum, dokumen yang sangat perlu untuk dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Formulir permohonan visa dan pas foto
  2. Foto kopi KTP, Kartu keluarga dan Buku Nikah
  3. Paspor yang masih berlaku
  4. Bukti keuangan, misal fotokopi buku tabungan
  5. Bukti reservasi tiket pulang pergi
  6. Rencana atau jadwal perjalanan

Sedangkan persyaratan lainnya tentu menyesuaikan jenis visa yang akan kita buat. Misal visa belajar, maka kita akan diminta bukti bahwa kita sudah diterima masuk universitas di tempat tersebut. Misal visa bekerja, maka kita harus menyerahkan bukti perjanjian kerja dengan agency atau pihak ketiga yang menyalurkan pekerja ke luar negeri, dan lain sebagainya.

 

Cara Membuat Visa Urus Sendiri

Untuk mengurus visa kita bisa mengurus sendiri di kedubes yang bersangkutan dimana kita akan bepergian. Secara umum cara pengurusannya hampir sama dengan pengurusan paspor.

Berikut ini adalah cara untuk memudahkan kita mengurus visa agar cepat dan tidak terlalu lama:

1. Catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk masuk ke negara tersebut

Caranya adalah dengan kita masuk ke website kedubes atau kita telpon dan mencari tahu dokumen dokumen apa saja yang diperlukan. Sehingga bisa kita siapkan di awal dan tidak ada yang kurang.

2. Ke kantor kedubes untuk meminta Form Permohonan Visa

Setelah dokumen yang diperlukan kita siapkan, kita meminta formulir permohonan tersebut. Setelah itu kita mengisi formulir tersebut serta mencocokkan kembali dokumen yang sudah disiapkan dengan dokumen yang dipersyaratkan dan tertulis di form.

3. Membayar biaya pembuatan visa

Setelah dokumen dan form sudah siap, maka kita harus membayar biaya visa. Masing masing negara memiliki biaya visa yang berbeda. Selain itu, setiap jenis visa juga memiliki besaran biaya yang berbeda, misalnya adalah visa sekali masuk atau visa masuk beberapa kali.

4. Mengumpulkan aplikasi pengajuan visa

Setelah lengkap dan sudah membayar, aplikasi pengajuan visa dan bukti pembayaran kita ajukan ke kedubes tsb. Biasanya di awal sudah diverifikasi oleh petugas, sehingga kalau tidak lengkap akan segera dikembalikan. Namun kalau sudah lengkap maka kita akan diberitahu tanggal pengambilan visa tersebut.

5. Mengambil visa yang sudah jadi

Biasanya kita perlu menunggu sekitar 4 sampai 10 hari kerja. Jika kita sudah diberitahu tanggal pengambilan, maka kita harus mengambil visa tersebut sesuai tanggal.

 

Demikian artikel dari saya tentang Apa saja persyaratan dan bagaimana cara membuat visa serta cara mengurusnya di kedubes. Bagi anda yang kurang jelas bisa langsung menuju ke link di bawah ini.

Artikel Artikel Tentang Visa

loading...

Incoming search terms: