Suka Mengedit Lagu di Ponsel Android? 5 Aplikasi Audio Editing Ini Wajib Anda Miliki

loading...

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, fungsi ponsel nyaris menggantikan eksistensi laptop. Berbagai hal yang dulunya hanya bisa dilakukan di laptop, kini juga bisa dilakukan di ponsel pintar. Salah satunya adalah proses audio editing atau mengedit lagu.

Lewat proses audio editing, Anda dapat menggubah musik atau lagu sesuai dengan yang Anda inginkan. Entah tujuannya untuk dijadikan nada dering atau sekadar berkreasi. Nah, penyuntingan lagu tersebut bisa Anda lakukan dengan bermodalkan ponsel pintar Android, pulsa tri, dan 4 aplikasi audio editing terkece berikut ini:

  1. MP3 Cutter

Mp3 Cutter Joiner – freemp3cutterjoiner.com

 

MP3 Cutter akan mempermudah Anda dalam membuat nada dering ponsel sesuai selera. Setelah memilih lagu, Anda bisa mengubah bagian awal dan akhir lagu tersebut hingga batas yang Anda inginkan. Anda juga bebas menghilangkan bagian lagu yang tidak Anda sukai.  Jika sudah selesai mengeditnya, simpan lagu gubahan Anda dan dengarkan kembali sebelum menggunakannya. Sangat mudah, bukan?

 

  1. ZeoRing

Zeoring Rington – mobomarket.co.id

Ponsel Android Anda juga bisa mengedit lagu dengan bantuan aplikasi ZeoRing. Dari segi kegunaan, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan MP3 Cutter, yakni untuk membuat nada dering sendiri dari lagu kesukaan Anda. Caranya pun hampir sama, dengan memotong bagian awal dan akhir lagu dan menyatukannya kembali. Perbedaannya ada pada cara memotong dan menyimpannya.

Pada aplikasi ZeoRing, terdapat ikon Trim yang berfungsi sebagai tombol penyimpanan setelah Anda mengedit lagu, bukan tanda centang. Perlu diingat bahwa sebelum menjalankan aplikasi ini, pastikan kuota internet dan pulsa tri Anda mencukupi. Jika tidak, Anda bisa melakukan isi ulang pulsa tri di Traveloka atau klik link ini.

 

  1. PocketBand-Social Daw

Pocket Band – apkpure.com

Dibandingkan dengan MP3 Cutter dan ZeoRing, aplikasi audio editing satu ini terbilang lebih rumit dan kompleks. Tidak hanya memotong lagu, Anda juga bisa menambahkan suara musik lain dan mengubah nada lagu sesuai keinginan Anda.

Setelah memilih lagu, Anda langsung bisa mengeditnya dengan beragam pilihan editing yang tersedia, mulai dari awal atau intro hingga bagian akhir atau outro. Pengeditan ini juga termasuk dengan menambahkan suara baru, nada baru, atau sekadar menghilangkan nada. Pengeditan juga tidak terbatas pada satu alat musik saja, lho, melainkan berbagai alat musik yang ada di dalam lagu tersebut.

 

  1. Media Converter

Apk Media Converter – apkmonk.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi audio editing satu ini berfungi untuk mengonversi bermacam tipe audio, seperti MP4, MP3, MPEG, dan masih banyak lagi. Setelah memilih lagu, Anda bisa mengganti format lagu tersebut dengan menu expert mode. Misalnya, Anda ingin mengganti format lagu dari MP4 menjadi MP3, MPEG menjadi MP4, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengedit lagu tersebut sebelum mengonversikannya ke dalam format yang baru. Terdapat pula parameter yang mencakup video/audio bit rate, resolusi, frame rate, dan sampel audio. Didukung oleh User Interface (UI) yang mumpuni, proses pengeditan dan konversi pun menjadi lebih mudah.

 

  1. Audio Editor Android

Audio Editor – Google Play

Aplikasi editing audio terakhir yang bisa Anda gunakan adalah Audio Editor Android. Dibandingkan dengan aplikasi editing lain seperti MP3 Cutter atau ZeoRing, aplikasi ini belum santer terdengar. Penggunanya pun belum terlalu banyak.

Cara penggunaan aplikasi ini juga terbilang tidak sulit. Anda cukup menentukan bagian awal dan akhir lagu dengan menggeser button masing-masing. Setelah selesai, akan ada bar yang menunjukkan progres editing Anda. Di sini, Anda juga bisa mengganti format lagu.

Tidak hanya berfungsi sebagai audio editor dan converter, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam suara sendiri.  Fiturnya yang multifungsi semakin lengkap dengan adanya manajemen file, memudahkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola file-file audio yang telah diedit.

Perlu diketahui, penggunaan semua aplikasi audio editing tersebut membutuhkan kuota internet karena tidak bisa dioperasikan dalam mode offline. Jika Anda menggunakan operator Tri dan ternyata pulsa Tri Anda tidak cukup untuk menjalankan aplikasi ini, Anda tak perlu repot-repot pergi ke konter. Sekarang ada banyak layanan pengisian pulsa dan paket data online, seperti Traveloka. Tentunya lebih cepat dan praktis daripada isi pulsa offline di konter.

loading...

Incoming search terms: